Perbedaan Ponsel, PDA dan Smartphone

Posted: April 12, 2010 in ..:: My Technology ::..

Bertahun-tahun lalu, telepon seluler, juga disebut ponsel, hanya melayani satu tujuan.
Mereka memungkinkan Anda mengirim dan menerima komunikasi suara.
Hari ini, ponsel dan perangkat serupa disesuaikan dilengkapi dengan perangkat lunak, akses internet, kamera digital,
pemutar musik portabel, GPS fungsi dan banyak lebih banyak pilihan.
Sekali lagi kemajuan teknologi membuat terminologi umum seperti ponsel, smartphone, PDA dan PDA phone sulit untuk
menguraikan karena setiap jenis perubahan perangkat terus-menerus dan fitur tradisional milik satu jenis perangkat
sekarang ditemukan pada orang lain. Di sini kita akan menjelajahi kategori populer perangkat komunikasi mobile,
persamaan dan perbedaan antara beberapa produk yang populer.

Ponsel / Mobile Phone

  • Sebuah ponsel lebih sering disebut telepon selular atau ponsel.
    Perangkat komunikasi ini menghubungkan ke jaringan komunikasi nirkabel melalui gelombang radio atau transmisi satelit. Kebanyakan ponsel menyediakan komunikasi suara, Short Message Service (SMS), Multimedia Message Service (MMS),  dan telepon yang lebih baru juga dapat menyediakan layanan Internet seperti browsing Web, kemampuan mengirimkan pesan instan dan e-mail.

PDA (Personal Digital Assistant)

  • Kependekan dari Personal Digital Assistant, ini adalah nama yang diberikan untuk perangkat genggam kecil yang
    menggabungkan komputasi, telepon / fax, internet dan fitur jaringan. PDA umumnya dapat berfungsi sebagai telepon seluler, pengirim faks, web browser dan organizer pribadi. Perangkat ini biasanya berbasis seperti pena/stylus, yang memerlukan penggunaan jarum daripada keyboard input. PDA saat ini tersedia baik dalam stylus atau versi keyboard. Secara tradisional, PDA tidak memiliki layanan telepon atau fax.

Smartphone

  • Sebuah smartphone dianggap sebagai kombinasi tradisional PDA dan telepon seluler,
    dengan fokus yang lebih besar pada bagian telepon seluler. Perangkat genggam ini mengintegrasikan kemampuan ponsel dengan fitur yang lebih umum dari sebuah komputer genggam atau PDA. Smartphone memungkinkan pengguna untuk menyimpan informasi, e-mail, install program, bersamaan dengan menggunakan ponsel dalam satu perangkat. Sebuah fitur smartphone biasanya lebih berorientasi ke arah ponsel daripada PDA. Tidak ada standar industri untuk mendefinisikan sebuah smartphone, maka setiap perangkat mobile yang memiliki lebih dari kemampuan dasar sebenarnya dapat diajukan di bawah kategori perangkat smartphone.

Kurangnya standarisasi membuat kategori perangkat mobile membingungkan konsumen. Sebagai teknologi berubah, demikian juga fungsi-fungsi yang berbeda ini tampil perangkat. Tahun yang lalu, banyak orang membedakan PDA dan smartphone hanya dengan mencari kemampuan layar sentuh. Jika memiliki layar sentuh itu adalah sebuah PDA, jika tidak, itu adalah sebuah smartphone. Sony Ericsson Smartphone, misalnya, menawarkan pengguna baik layar sentuh dan keyboard QWERTY lengkap. Terlepas dari fakta bahwa pihak pembuat ponsel ini produk smartphone,
istilah generik untuk perangkat berorientasi PDA dengan kemampuan telepon seluler disebut sebagai PDA phone.

Fuzzy Lines Antara Smart Devices

Bahkan jika Anda dapat memutuskan sendiri apakah perangkat mobile hanyalah sebuah telepon selular, smartphone,
PDA atau PDA phone, garis-garis halus antara kedua jenis perangkat mobile sekitar untuk mendapatkan kabur lagi
ketika kita menambahkan istilah baru ke campuran seperti Pocket PC, dan Smartphone (dengan huruf kapital).

Jadi dimulai dengan perbedaan antara smartphone, seperti yang telah kita bahas di atas. Ketika dikapitalisasi,
mengacu pada platform Microsoft Smartphone, yang digunakan untuk berbagai perangkat mobile. Versi terbaru,
Windows Mobile 6 benar-benar menghapus kata Smartphone dari judulnya, dan seiring waktu ini akan membantu mengurangi kebingungan antara Smartphone. Menariknya,  salah satu dari tiga versi Windows Mobile 6 ini disebut Windows Mobile 6 Standar untuk smartphone disini “Untuk Smartphone” berarti “telepon tanpa touch screen”.

Pocket PC

  • Pocket PC itu sendiri bukanlah suatu kategori khusus perangkat mobile, melainkan nama yang diberikan untuk PDA yang menggunakan Microsoft Windows Mobile sistem operasi. Sama seperti kategori perangkat PDA, Pocket PC fitur terfokus pada tugas-tugas komputasi dan data dengan fitur-fitur lain, seperti kemampuan telepon seluler yang sekunder untuk fungsi PDA. Pocket PC adalah satu perangkat yang standar. Dalam rangka menggulirkan Pocket PC label perangkat harus memenuhi kriteria tertentu seperti penggunaan Microsoft Windows Mobile untuk Pocket PC, termasuk layar sentuh, termasuk touchpad, dan spesifikasi lainnya.

Leave a comment