7 OSI Layer

Posted: December 27, 2010 in ..:: My Study ::..

Model referensi jaringan terbuka OSI atau OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dariOpen System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model “Model tujuh lapis OSI” (OSI seven layer model).

Sebelum munculnya model referensi OSI, sistem jaringan komputer sangat tergantung kepada pemasok (vendor). OSI berupaya membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang interoperatibilitas antar pemasok yang berbeda. Dalam suatu jaringan yang besar biasanya terdapat banyak protokol jaringan yang berbeda. Tidak adanya suatu protokol yang sama, membuat banyak perangkat tidak bisa saling berkomunikasi. Read the rest of this entry »

Cara Kerja Wi-Fi

Posted: November 1, 2010 in ..:: My Study ::..

Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses Internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau Personal Digital Assistance (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.

  • Spesifikasi Wi-Fi

Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu:

  1. 802.11 a
  2. 802.11 b
  3. 802.11 g
  4. 802.11 n

Spesifikasi b merupakan produk pertama Wi-Fi. Variasi g dan n merupakan salah satu produk yang memiliki penjualan terbanyak pada 2005.

Di banyak bagian dunia, frekuensi yang digunakan oleh Wi-Fi, pengguna tidak diperlukan untuk mendapatkan ijin dari pengatur lokal (misal, Komisi Komunikasi Federal di A.S.). 802.11a menggunakan frekuensi yang lebih tinggi dan oleh sebab itu daya jangkaunya lebih sempit, lainnya sama.

Versi Wi-Fi yang paling luas dalam pasaran AS sekarang ini (berdasarkan dalamIEEE 802.11b/g) beroperasi pada 2.400 MHz sampai 2.483,50 MHz. Dengan begitu mengijinkan operasi dalam 11 channel (masing-masing 5 MHz), berpusat di frekuensi berikut:

  • Channel 1 – 2,412 MHz
  • Channel 2 – 2,417 MHz
  • Channel 3 – 2,422 MHz
  • Channel 4 – 2,427 MHz
  • Channel 5 – 2,432 MHz
  • Channel 6 – 2,437 MHz
  • Channel 7 – 2,442 MHz
  • Channel 8 – 2,447 MHz
  • Channel 9 – 2,452 MHz
  • Channel 10 – 2,457 MHz
  • Channel 11 – 2,462 MHz

Secara teknis operasional, Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN (wireless local area network). Dengan kata lain, Wi-Fi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (internet) yang bekerja di jaringan WLAN dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan.

Teknologi internet berbasis Wi-Fi dibuat dan dikembangkan sekelompok insinyur Amerika Serikat yang bekerja pada Institute of Electrical and Electronis Engineers (IEEE) berdasarkan standar teknis perangkat bernomor 802.11b, 802.11a dan 802.16. Perangkat Wi-Fi sebenarnya tidak hanya mampu bekerja di jaringan WLAN, tetapi juga di jaringan Wireless Metropolitan Area Network (WMAN).

Karena perangkat dengan standar teknis 802.11b diperuntukkan bagi perangkat WLAN yang digunakan di frekuensi 2,4 GHz atau yang lazim disebut frekuensi ISM (Industrial, Scientific dan Medical). Sedang untuk perangkat yang berstandar teknis 802.11a dan 802.16 diperuntukkan bagi perangkat WMAN atau juga disebut Wi-Max, yang bekerja di sekitar pita frekuensi 5 GHz.

Tingginya animo masyarakat –khususnya di kalangan komunitas Internet– menggunakan teknologi Wi-Fi dikarenakan paling tidak dua faktor. Pertama, kemudahan akses. Artinya, para pengguna dalam satu area dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa perlu direpotkan dengan kabel.

Konsekuensinya, pengguna yang ingin melakukan surfing atau browsing berita dan informasi di Internet, cukup membawa PDA (pocket digital assistance) atau laptop berkemampuan Wi-Fi ke tempat dimana terdapat access point atau hotspot.

Menjamurnya hotspot di tempat-tempat tersebut –yang dibangun oleh operator telekomunikasi, penyedia jasa Internet bahkan orang perorangan– dipicu faktor kedua, yakni karena biaya pembangunannya yang relatif murah atau hanya berkisar 300 dollar Amerika Serikat.

Peningkatan kuantitas pengguna Internet berbasis teknologi Wi-Fi yang semakin menggejala di berbagai belahan dunia, telah mendorong Internet service providers (ISP) membangun hotspot yang di kota-kota besar dunia.

Beberapa pengamat bahkan telah memprediksi pada tahun 2006, akan terdapat hotspot sebanyak 800.000 di negara-negara Eropa, 530.000 di Amerika Serikat dan satu juta di negara-negara Asia.

Keseluruhan jumlah penghasilan yang diperoleh Amerika Serikat dan negara-negara Eropa dari bisnis Internet berbasis teknologi Wi-Fi hingga akhir tahun 2003 diperkirakan berjumlah 5.4 trilliun dollar Amerika, atau meningkat sebesar 33 milyar dollar Amerika dari tahun 2002.

  • Wi-Fi Hardware

Hardware wi-fi yang ada di pasaran saat ini ada berupa :

  • PCI Wi-Fi
  • USB Wi-Fi
  • PCMCIA Wi-Fi
  • Compact Flash Wi-Fi
  • Mode Akses Koneksi Wi-Fi

Ada 2 mode akses koneksi Wi-fi, yaitu :

1. Ad – Hoc

Mode koneksi ini adalah mode dimana beberapa komputer terhubung secara langsung, atau lebih dikenal dengan istilah Peer-to-Peer. Keuntungannya, lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi hanya 2 atau 3 komputer, tanpa harus membeli access point.

2. Infrastruktur

Menggunakan Access Point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).

  • Sistem Keamana Wi-Fi

Terdapat beberapa jenis pengaturan keamanan jaringan Wi-fi, antara lain :

  1. WPA Pre-Shared Key
  2. WPA RADIUS
  3. WPA2 Pre-Shared Key Mixed
  4. WPA2 RADIUS Mixed
  5. RADIUS
  6. WEP
  • Popularitas Wi-Fi

Di Indonesia sendiri, penggunaan Internet berbasis Wi-Fi sudah mulai menggejala di beberapa kota besar. Di Jakarta, misalnya, para maniak Internet yang sedang berselancar sambil menunggu pesawat take off di ruang tunggu bandara, sudah bukan merupakan hal yang asing.

Fenomena yang sama terlihat diberbagai kafe –seperti Kafe Starbucks dan La Moda Cafe di Plaza Indonesia, Coffee Club Senayan, dan Kafe Coffee Bean di Cilandak Town Square– dimana pengunjung dapat membuka Internet untuk melihat berita politik atau gosip artis terbaru sembari menyeruput cappucino panas.

Dewasa ini, bisnis telepon berbasis VoIP (Voice over Internet Protocol) juga telah menggunakan teknologi Wi-Fi, dimana panggilan telepon diteruskan melalui jaringan WLAN. Aplikasi tersebut dinamai VoWi-FI (Voice over Wi-Fi).

Beberapa waktu lalu, standar teknis hasil kreasi terbaru IEEE telah mampu mendukung pengoperasian layanan video streaming. Bahkan diprediksi, nantinya dapat dibuat kartu (card) berbasis teknologi Wi-Fi yang dapat disisipkan ke dalam peralatan eletronik, mulai dari kamera digital sampai consoles video game (ITU News 8/2003).

Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa bisnis dan kuantitas pengguna teknologi Wi-Fi cenderung meningkat, dan secara ekonomis hal itu berimplikasi positif bagi perekonomian nasional suatu negara, termasuk Indonesia.

Meskipun demikian, pemerintah seyogyanya menyikapi fenomena tersebut secara bijak dan hati-hati. Pasalnya, secara teknologis jalur frekuensi –baik 2,4 GHz maupun 5 GHz– yang menjadi wadah operasional teknologi Wi-Fi tidak bebas dari keterbatasan (Kompas, 5/2/2004).

Pasalnya, pengguna dalam suatu area baru dapat memanfaatkan sistem Internet nirkabel ini dengan optimal, bila semua perangkat yang dipakai pada area itu menggunakan daya pancar yang seragam dan terbatas.

Apabila prasyarat tersebut tidak diindahkan, dapat dipastikan akan terjadi harmful interference bukan hanya antar perangkat pengguna Internet, tetapi juga dengan perangkat sistem telekomunikasi lainnya.

Bila interferensi tersebut berlanjut –karena penggunanya ingin lebih unggul dari pengguna lainnya, maupun karenanya kurangnya pemahaman terhadap keterbatasan teknologinya– pada akhirnya akan membuat jalur frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz tidak dapat dimanfaatkan secara optimal.

Keterbatasan lain dari kedua jalur frekuensi nirkabel ini (khususnya 2,4 GHz) ialah karena juga digunakan untuk keperluan ISM (industrial, science and medical).

Konsekuensinya, penggunaan komunikasi radio atau perangkat telekomunikasi lain yang bekerja pada pada pita frekuensi itu harus siap menerima gangguan dari perangkat ISM, sebagaimana tertuang dalam S5.150 dari Radio Regulation.

Dalam rekomendasi ITU-R SM.1056, diinformasikan juga karakteristik perangkat ISM yang pada intinya bertujuan mencegah timbulnya interferensi, baik antar perangkat ISM maupun dengan perangkat telekomunikasi lainnnya.

Rekomendasi yang sama menegaskan bahwa setiap anggota ITU bebas menetapkan persyaratan administrasi dan aturan hukum yang terkait dengan keharusan pembatasan daya.

Menyadari keterbatasan dan dampak yang mungkin timbul dari penggunaan kedua jalur frekuensi nirkabel tersebut, berbagai negara lalu menetapkan regulasi yang membatasi daya pancar perangkat yang digunakan.

 

 

1st
Don’t let someone become a priority in your life, when you are just an option in their life.
Relationships work best when they are balanced.

2nd
Never explain yourself to anyone.
Because the person who likes you doesn’t need it, and the person who doesn’t like you won’t believe it.

3rd
When you keep saying you are busy, then you are never free.
When you keep saying you have no time, then you will never have time.
When you keep saying that you will do it tomorrow, then your tomorrow will never come.

4th
When we wake up in the morning, we have two simple choices.
Go back to sleep and dream, or wake up and chase those dreams.
Choice is yours.

5th
We make them cry who care for us.
We cry for those who never care for us.
And we care for those who will never cry for us.
This is the truth of life, it’s strange but true. Once you realize this, it’s never too late to change.

6th
Don’t make promise when you are in joy.
Don’t reply when you are sad.
Don’t take decision when you are angry.
Think twice, act twice.

7th
Time is like river. You can’t touch the same water twice, because the flow that has passed will never pass again.


 

Anggapan tentang Seseorang..

Posted: September 19, 2010 in ..:: About Me ::..

“Tak selalu apa yang tampak dari luar indah akan memberikan kebahagiaan untuk kita,

terkadang sesuatu yang nampak biasa atau bahkan kita anggap buruk,

namun hal tersebut mampu membuat kita selalu tersenyum dan bahagia.

Dan apa itu ??

Hanya Allah SWT dan kita sendiri yang tau.

Untuk beberapa saat, istirahatkan matamu dari silaunya pandangan yang tak nyata,

buka mata hati dan pikiranmu,

resapi dan rasakan,

maka akan banyak hal yang biasa dan tak indah,

namun mampu membuatmu merasa damai dan bahagia..”

Enough.. Cukup..!!

Posted: September 9, 2010 in ..:: About Me ::..

Enough.. Please, no more again.. !!

Kota Mati..

Posted: September 6, 2010 in ..:: About Me ::..

Cikarang oh Cikarang, kota yang hampir 80% terdapat pabrik-pabrik besar dan perusahaan yang berjamuran di kota ini. Kota Cikarang kononnya dijadiin sebagai kota industri karena letaknya sangat strategis, selain itu di Cikarang juga jarang terjadi bencana alam seperti : banjir, gempa bumi, dan tsunami. Selain itu akses ke ibu kota Jakarta juga sangat mudah. Otomatis semakin banyak pabrik dan perusahaan yang berdiri, semakin banyak pula SDM di kota ini, mulai dari pelosok indonesia bagian barat, sampai dari pelosok indonesia bagian timur ada disini. Beragam suku yang tinggal dikota ini, penduduk asli kota Cikarang sangat sedikit sekali dibanding pendatang yang mencari sesuap nasi di kota Cikarang.

Salah satunya aku, Imam Romdhoni, lulusan SMK Telkom Malang yang terdampar di kota ini untuk mengenal gimana merasakan kerja di kota orang lain. Sebelumnya aku sudah pernah merasakan kerja di kota orang lain, tapi hanya 3bulan waktu PSG di Sleman, Yogyakarta. Itu belum cukup untuk merasakan sedih, suka, sepi, dan terisolir seperti aku sekarang ini di Cikarang. Aku hitung-hitung hampir 1 tahun 8 bulan aku tinggal di kota ini. Tapi herannya, menetap selama itu aku belum mengenal seluruh daerah di Cikarang. Naik angkot pun kadang-kadang masih kebingungan. Padahal disini angkot lah satu-satunya kendaraan yang aku andalkan untuk mengantarkan aku berpergian ke suatu tempat. Disini angkot bayarnya kaya taxi, bedanya kalau taxi hitungannya pakai argometer, tapi kalau angkot disini menggunakan hitungan supirnya, semakin jauh jarak yang ditempuh, supirpun seenaknya sendiri mematok harga.

Cukup sampai di masalah angkutan, sekarang aku bahas  suatu hal yang ga bisa ditinggalin oleh makhluk hidup yang tinggal di bumi, kebutuhan primer lah kalau orang bilang, adalah makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan lho, klo itu mah tiap hari kerjaannya makan mulu, ngencengin perut mulu isinya.. wkwkwkwkwk.. :D  Biasa disini kan kebanyakan anak kos atau kontrakan, jadi Warteg (Warung Tegal) bukan Warteg Boys lho, sangat banyak yang membuka lapaknya disini, sampai-sampai tiap hari bingung mau makan di Warteg yang mana. Aku kasih saran/tips buat para anak kos dalam memilih Warteg Favoritnya :

  • Pertama pilih warteg yang menjual masakan yang sangat berfariasi, tiap hari menu masakannya ganti-ganti, jadi kita jadi ga bosen dalam memilih makanan untuk hari ini, selain itu masakannya yang enak-enak, jadi serasa dirumah hehehehehehe..😀
  • Kedua, harga relatif dengan kantong kita, bayangin aja kita sehari harus makan 3x sehari, kalau mahal bisa-bisa kantong menjadi kering, jadi cari yang sesuai dengan kantong kita aja.
  • Ketiga, pilihlah warteg yang menjual dengan sistem prasmanan, disini kita bisa mengirit pengeluaran kita, biasanya kalau kaya gini tu ambil nasi sebanyak-banyaknya, terus sayurnya ma ikannya cukup buat nutup nasinya aja biar ga kelihatan ma pelayannya.. hehehehehe..😀
  • Keempat, pastikan semua masakan yang kita makan bener bersih dan higienis, karena takutnya habis makan malah kena penyakit yang aneh-aneh, jadi bisa berabe tu masalahnya. Inginnya makan, eh malah sakit, apes-apes..😦
  • Kelima, terakhir ni ya, khususnya para cowok milih warteg yang pelayannya cantik-cantik, alasannya bisa makan sambil ngademin mata, selain tu kalau yang suka TP-TP kebetulan banget tu, ngarep bisa makan gratis.. wkwkwkwkwk..😀

Ni sedikit curcol waktu puasa tahun ini, waktu hari pertama puasa kan masih merasakan nikmatnya kumpul ma keluarga di kampung sampai pertengahan puasa. Biasa liburan di kampung halaman, buat merefresh otak biar ga penat trus dengan kerjaan. Liburan usai, pertempuran sebagai anak kos pun dimulai lagi. Hawa-hawa malespun untuk balik ke cikarang muncul saat itu. Mau ga mau harus balik, cz ada kewajiban yang harus dilaksanakan, masa habis menikmati haknya ga mau melaksanakan kewajibannya, anak macam apa tu?? wkwkwkwkwkwk..😀 Dengan sedikit lesupun aku balik ke cikarang. Hari demi hari baru kurasakan sepi dalam hidup ini. Makan sendiri, tak ada seorangpun yang menemani, mirip lagu dangdut tu, makan sendiri, minum sendiri, mandi sendiri, lha siapa lagi yg mau bantuin, lha wong aku uda gede ko’!! wkwkwkwkwkwk..😀

Sekarang baru merasakan kalau kota ini serasa kota mati, mulai H-5 sebelum lebaran, bayangin aja tetangga pada mudik semua, maklum para pendatang disini, warteg-warteg pada tutup, bingung mau cari makan ndek mana, jalanan sepi, sopir angkot yang biasa ngetem, sekarang jadi jarang yang ngetem. Banyak tetangga kos yang nanya “Mas Imam ga mudik ta?? apa mungkin mau jadi satpam jagain kos?? Hehehehehe..😀.” Apes-apes 2x lebaran ga bisa mudik, tapi mau ga mau harus diterima, itulah resiko kerja di luar kota, jadi ga bisa tiap hari ketemu ma keluarga.

Mungkin ceritanya akan diupdate lagi habis lebarannya. To be continued.. Okey..😀

Menunggu atau Menanti..??

Posted: September 4, 2010 in ..:: About Me ::..

Menunggu dan Menanti.. Dua kata yang mempunyai maksud yang sama, tapi berbeda artinya. Menunggu biasanya digunakan untuk sesuatu yang pasti didapat. Contohnya menunggu kematian, pastinya semua orang di dunia akan datang ajalnya. Lha kalau sesuatu yang belum pasti didapat atau datang itu disebut Menanti. Contohnya menanti jawaban dari seseorang.

Sekarang dua kata tersebut yang kurasakan, menunggu ajalku tiba dan menanti jawaban dari seseorang. Kalau menunggu ajalku tiba so pasti datangnya, tinggal menuggu waktu aja, kalau yang menanti sebuah jawaban dari seseorang itu dibutuhkan kesabaran dalam menghadapinya. Dalam penantian tersebut pasti ada usaha untuk mencari jawaban tersebut. Dan aku juga tidak tau apa dari jawaban yang dinantikan itu bikin aku senang atau sedih. Yang penting selalu berdoa aja, biar jawaban itu adalah jawaban yang terbaik bagi kita berdua. Amien..

Dalam penantian tersebut, terbesit lagu yang memotivasi diriku untuk selalu tetap menanti semua jawaban darinya. “Menanti Sebuah Jawaban” by Padi.

Aku tak bisa luluhkan hatimu
Dan aku tak bisa menyentuh cintamu
Seiring jejak kakiku bergetar
Aku tlah terpaku oleh cintamu
Menelusup hariku dengan harapan
Namun kau masih terdiam membisu

Sepenuhnya aku.. ingin memelukmu
Mendekap penuh harapan.. tuk mencintaimu
Setulusnya aku.. akan terus menunggu
Menanti sebuah jawaban tuk memilikimu

Betapa pilunya rindu menusuk jiwaku
Semoga kau tau isi hatiku..
Dan seiring waktu yang terus berputar
Aku masih terhanyut dalam mimpiku

Aku tak bisa luluhkan hatimu
Dan aku tak bisa menyentuh cintamu

Di dalam liriknya menggambarkan seseorang yang sedang menanti sebuah jawaban dari seseorang yang dicintainya dengan semua kekurangannya, perasaannya, dan usaha yang dilakukannya dalam menanti sebuah jawaban tersebut. Itu yang memberi motivasi pada diriku, untuk tidak menyerah dalam menanti sebuah jawaban darinya. Meskipun ada temen yang bilang, “Mam, kamu tu bagaikan mengikat air dengan benang” yang bermakna melakukan hal yang sia-sia. Jadi apakah semua yang aku nantikan selama ini sia-sia?? Yang bisa menjawab hanya seseorang yang sedang memegang jawabannya. Disini aku hanya bisa menunggu, berharap, dan berusaha untuk yang terbaik. Amien.