Koneksi IIX

Posted: April 12, 2010 in ..:: My Study ::..

Jalur Internet tanpa IIX

Jalur Internet dengan IIX

Apa itu IIX ?

  • Indonesia Internet Exchange (IIX) merupakan tempat terhubungnya berbagai ISP (Internet Service Provider), penyedia layanan internet di Indonesia, sebut saja 3G-Net, CBN, Indosat M2, Telkomnet Instant, dan lain-lain. Berdasarkan arti kata “Exchange” berarti pertukaran sedangkan “Internet” adalah kependekan dari Interconnection Networking. Dengan adanya IIX sambungan internet yang ada di Indonesia tidak harus berputar-putar melalui jalur yang ada di luar negeri dulu, baru kembali lagi ke Indonesia. Konsep penggabungan jalur berbagai ISP ke dalam suatu wadah dalam satu negara yang ada di Indonesia ini, merupakan yang pertama kali di dunia.

Pembentukan IIX

  • IIX dibentuk oleh APJII yang awalnya bersifat amal dan sukarela dengan maksud menyatukan lalu lintas antar ISP di Indonesia sehingga tidak perlu transit ke luar negeri. Tujuan IIX adalah membentuk jaringan interkoneksi nasional yang memiliki kemampuan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan yang ada, untuk digunakan oleh setiap ISP yang memiliki ijin beroperasi di Indonesia. ISP yang tersambung ke IIX tanpa biaya lebar pita, hanya biaya sambungan fisik sepeti serat optik, jalur nirkabel ataupun sewaan, yang berbeda-beda. Cukup murah bagi ISP yang berada di Jakarta tetapi mahal bagi ISP yang ada di luar Jakarta, apalagi di luar Jawa, karena biaya sambungan fisiknya saja jauh lebih mahal daripada sambungan internasional termasuk kapasitas lebar pita langsung melalui satelit ke luar negeri.

    IIX menjadi sebuah solusi atas keterbatasan infrastruktur isi dalam negeri yang seolah-olah terpisah dengan isi global. Dengan adanya IIX maka koneksi internet di Indonesia menjadi lebih murah. Indonesia Internet Exchange berkantor di Cyber Building 11th Floor, Jl. Kuningan Barat 8, Jakarta 12710

Apa tujuan didirikan IIX ?

  • Tujuan program IIX adalah membentuk jaringan interkoneksi nasional yang memilikai kemampuan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan yang ada, untuk digunakan oleh setiap Penyelenggara Jasa Internet yang memiliki ijin beroperasi di Indonesia.
    Pada saat ini program IIX tidak mempunyai tanggal berakhirnya program secara keseluruhan, melainkan dibagi atas tahapan-tahapan yang akan dikembangkan secara terus-menerus.

IIX lebih murah dari cost dan link lebih cepat karena tidak melewati hop terlallu banyak (tracert) dan bandwith jelas lebih besar dan lebih murah kalau kita taruh di luar negeri ga apa2 jika target client kita lebih banyak di luar bukan di indonesia tapi jika clients target dalam negeri jelas IIX pilihan terbaik dan tambahan untuk latency lebih kecil utk yg domestik, dan besar jika di taruh di luar jadi kesimpulan IIX lebih cepat hemat dan sekaligus nyumbang devisa dalam negeri dan lebih memperkaya alamat internet di indonesia.

Ibaratkan anda sekarang berada di Aceh. Lalu anda ingin menuju ke Jakarta. Ga harus transit dulu ke singapura kan? Selain faktor harga yang lebih murah, koneksi IIX ini juga bisa memperkaya konten internet di indonesia. Hal inipun bisa jadi pertimbangan anda dalam memilih hosting. Jika pengunjung situs anda kebanyakan dari dalam negri, ada baiknya anda memilih koneksi IIX ini meski konsekuensi yg diterima adalah kelambatan akses saat kita mengaksesnya dari luar negeri.

Leave a comment