Archive for April 12, 2010

Cara Kerja 3G

Posted: April 12, 2010 in ..:: My Study ::..

  • Definisi dari 3G

3G (or 3-G) adalah singkatan dari teknologi generasi ketiga. Yang sering kali digunakan untuk menyebut teknologi terbaru pada ponsel. Layanan yang bersangkutan dengan kemampuan untuk mengirim data yang berupa suara ataupun digital (downloading, email, browsing).

Dalam pemasarannya layanan 3G, video call merupakan fitur andalan 3G.Sebuah persaingan baru telah terbuka dalam perebutan izin untuk 3G.Di banyak negara terutama di Eropa, dimana banyak terdapat rumah lelang telah menghasilkan milyaran rupiah untuk izin 3G ini.Sejak mendapatkan izin untuk mendirikan jaringan dari 3G ini, perusahaan ini telah menyiapkan dana untuk membangunnya dengan expektasi menghasikjan banyak keuntungan.Tetapi banyak juga Operator yang menunda layanan 3G mereka karena masalah dana.Kecuali untuk negara jepang dan Korea Selatan yang memberikan izin sekaligus jaringan untuk membangun infrastruktur dari 3G.sedangkan di Eropa kemenangan dari rumah lelang bagi sebagian operator menjadi mimpi burk karena keterbatasan dana.

Negara yang pertama kali memperkenalkan 3G untuk komersial dalam skala besar adalah negara Jepang.Pada tahun 2005 sekitar 40% pelangan ponsel di Jepang hanya mengunakan servis dari 3G, dan 2G sedang dalam tahap hibernasi tidak lagi byk di gunakan di Jepang.Dan diharapkan pada akhir tahun 2006 2G sudah sepenuhnya beralih ke 3G, dan melanjutkan ke teknologi selanjutnya 3,5G.

  • Standart dari 3G

Adapun persyaratan minimal kecepatan transmisinya adalah sekitar 2 Mb/s. Evolusi 3G untuk teknologi seluler GSM adalah WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access) sedangkan untuk teknologi selular CDMA, evolusinya adalah variannya seperti CDMA 2000 EV-DO (Evolution Data Only).

Pada dasarnya perbedaan di antara 2G,2.5 G dan 3G terletak pada kemampuan dan kecepatannya mengantarkan data.Walaupun dalam teori kita mungkin saja menggunakan telepon selular 2G utk menghubungkan PC kita ke  ISP,kecepatannya begitu rendah

Dengan Menggunakan WAP,kecepatannya 9,6 Kbps ,sekitar seperlima dari kecepatan maksimum modem dial up dan sambungan telepon biasa.GPRS kecepatannya lebih tinggi-hingga 115Kbps.Sedangkan EDGE secara teoritid mampu mencapai 384 Kbps.

3G menawarkan kecepatn hingga 2 MBps.Selain itu 3G mendukung berbagaia layanan tamabhan.Salah satunya daah telefoni video real time.Saat Berbicara di handphone,anda bisa melihat wajah lawan bicara anda,begitu pula sebaliknya.

  • 3G Terkini

3G yang ditetapkan oleh pemain GSM juga dikenal sebagai Wideband Code Division Multiple Access(W-CDMA).Meski ada CDMA,teknologi ini bukanlah CDMA yang dikembangkan Qualcoom

3G atau generasi ketiga merupakan nama generik bagi serangkaian teknologi mobile yang dipersiapkan untuk diluncurkan pada akhir 2001 lalu. Ia memakai jaringan infrastruktur, handsets, base stations, switches, dan perangkat lain yang memungkinkan komunikasi seluler dengan akses internet berkecepatan tinggi, data, video, dan layanan musik yang kualitasnya setara Compact Disc (CD). Kecepatan data di jaringan generasi ketiga mencapai 2 megabits per detik.

Pengoperasian cukup dengan menekan tombol di handphone yang mendukung layanan komunikasi data dan video, seketika itu juga gambar daerah rawan macet muncul di layar monitor layaknya sebuah kamera. Layanan yang akhir-akhir ini sedang ngetren di kalangan menengah atas bisa dinikmati dengan handphone terbaru yang mendukung teknologi komunikasi data seperti EDGE (Enhanced Data for GSM Evolution) atau CDMA 2000-1X/CDMA 2000-1X EVDO.

  • Cara kerja 3G


3G adalah suatu alat yang memungkinkan bekerja dengan mengirimkan dan menerima sinyal radio untuk dan dari stasiun pusat (yang dikenal sebagai masts). Stasiun pusat menghubungkan telepon pribadi dengan jaringan yang bergerak dan jaringan yang diam.
Stasiun pusat adalah pengirim gelombang radio berkekuatan rendah yang memerlukan untuk diletakkan di lokasi daerah yang mereka maksudkan untuk menjalankannya. Mereka menyediakan jangkauan ke daerah topologi yang dikenal sebagai cell. Cell-cell ini memerlukan untuk saling melengkapi untuk memastikan pengguna tidak kehilangan koneksi ke jaringan ketika saat bergerak.
Gelombang radio memakai bagian bentuk telekomunikasi mobile dari spectrum elektomagnetik. Gelombang radio dipakai untuk mengirimkan layanan 3G dengan frekuensi rendah yang lebih besar daripada 2G dan berjalan dengan jarak yang lebih dekat. Sebagai hasilnya daerah jangkauan atau ukuran cell  dari stasiun pusat 3G lebih kecil daripada 2G. Selanjutnya, sebagai user meminta peningkatan terutama ukuran dari cell ini semakin kecil membuat ketergantungan.
Karena kemajuan teknologi, lokasi dari tempat cell berada lebih kritis dengan jaringan 3G untuk menghindari gangguan antara kolom cell.

  • Tipe – tipe 3G

Ada pun perkembangan teknologi nirkabel dapat dirangkum sebagai berikut:
Generasi pertama: analog, kecepatan rendah (low-speed), cukup untuk suara. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System)
Generasi kedua: digital, kecepatan rendah – menengah. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT
Generasi ketiga: digital, kecepatan tinggi (high-speed), untuk pita lebar (broadband). Contoh: W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) dan CDMA2000 1xEV-DO.

Antara generasi kedua dan generasi ke-3, sering disisipkan Generasi 2,5, yaitu digital, kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang masuk kategori 2,5G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) & EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA.

  • Operator 3G

Saat ini di Indonesia sudah terdapat 2 operator yang sudah mengimplementasikan 3G dan akan menyusul 1 operator lagi. Operator itu adalah :

  • Telkomsel
  • Exelcomindo Pratama
  • Satelindo / Indosat


Cara Kerja GPRS

Posted: April 12, 2010 in ..:: My Study ::..

  • Ponsel mengirim sinyal ke BTS lalu BTS meneruskannya ke gateway GPRS lalu menuju ke internet.

Saat anda menerima panggilan suara, GPRS tidak akan terputus (sebenarnya hanya tertunda) kecuali masih melakukan transfer data seperti chatting. Telepon saat ini biasanya akan menangguhkan data sesi saat panggilan suara berlangsung
Baterai akan lebih sering berkurang saat GPRS dipakai.

Berapa kecepatan standar pada GPRS, 3G, HSDPA/3,5G ?

  • Pada GPRS 56-114Kbps, pada 3G di indonesia hanya 384-512Kbps, pada 3,5G(HSDPA) di Indonesia hanya berkisar 3,6Mbps(bandingkan dengan Singapura yg mencapai 28Mbps).

Mengapa jarak antara ponsel-BTS berpengaruh pada kecepatan ?

  • Saat anda melakukan transfer file via bluetooth, kedua ponsel hanya berjarak 1-2meter tapi apa yg terjadi jika agan menjauhkan kedua ponsel itu dalam jarak 4-5meter.  Samakah kecepatannya?

Mengapa di 1 wilayah GPRS sangat cepat tapi di 1 wilayah yg lain lambat ?

  • Ada 2 BTS dalam 1 wilayah. 1 BTS melayani 50 user/pengguna dalam waktu yg sama sedangkan 1 BTS lain melayani hanya 10 user juga dalam waktu yg sama. Manakah diantara keduanya yg memiliki koneksi lebih cepat ?

Protokol apa saja yg support pada GPRS  ?

  • Internet Protocol (IP). Dalam prakteknya, mobile browser built-in menggunakan IPv4 karena IPv6 ini belum populer.
  • Point-to-point protocol (PPP). Dalam mode ini PPP sering tidak didukung oleh operator telepon selular tetapi jika ponsel digunakan sebagai modem untuk komputer terhubung, PPP digunakan untuk terowongan IP ke telepon. Hal ini memungkinkan sebuah alamat IP yang akan ditugaskan secara dinamis untuk peralatan mobile.
  • X.25 koneksi. Ini biasanya digunakan untuk aplikasi seperti pembayaran nirkabel terminal, meskipun telah dihapus dari standar. X.25 masih bisa didukung atas PPP, atau bahkan melalui IP, tetapi juga melakukan hal ini membutuhkan sebuah router berbasis jaringan untuk melakukan enkapsulasi atau intelijen yang dibangun in ke end-device/terminal; misalnya, pengguna peralatan.

Mengapa koneksi GPRS berpengaruh ketika hujan/petir ?

  • Saat terjadi hujan/petir, signal mengalami intervensi di udara sehingga berpengaruh pada kecepatan transfer. Karena hujan merupakan redaman yg paling tinggi.

Bertahun-tahun lalu, telepon seluler, juga disebut ponsel, hanya melayani satu tujuan.
Mereka memungkinkan Anda mengirim dan menerima komunikasi suara.
Hari ini, ponsel dan perangkat serupa disesuaikan dilengkapi dengan perangkat lunak, akses internet, kamera digital,
pemutar musik portabel, GPS fungsi dan banyak lebih banyak pilihan.
Sekali lagi kemajuan teknologi membuat terminologi umum seperti ponsel, smartphone, PDA dan PDA phone sulit untuk
menguraikan karena setiap jenis perubahan perangkat terus-menerus dan fitur tradisional milik satu jenis perangkat
sekarang ditemukan pada orang lain. Di sini kita akan menjelajahi kategori populer perangkat komunikasi mobile,
persamaan dan perbedaan antara beberapa produk yang populer.

Ponsel / Mobile Phone

  • Sebuah ponsel lebih sering disebut telepon selular atau ponsel.
    Perangkat komunikasi ini menghubungkan ke jaringan komunikasi nirkabel melalui gelombang radio atau transmisi satelit. Kebanyakan ponsel menyediakan komunikasi suara, Short Message Service (SMS), Multimedia Message Service (MMS),  dan telepon yang lebih baru juga dapat menyediakan layanan Internet seperti browsing Web, kemampuan mengirimkan pesan instan dan e-mail.

PDA (Personal Digital Assistant)

  • Kependekan dari Personal Digital Assistant, ini adalah nama yang diberikan untuk perangkat genggam kecil yang
    menggabungkan komputasi, telepon / fax, internet dan fitur jaringan. PDA umumnya dapat berfungsi sebagai telepon seluler, pengirim faks, web browser dan organizer pribadi. Perangkat ini biasanya berbasis seperti pena/stylus, yang memerlukan penggunaan jarum daripada keyboard input. PDA saat ini tersedia baik dalam stylus atau versi keyboard. Secara tradisional, PDA tidak memiliki layanan telepon atau fax.

Smartphone

  • Sebuah smartphone dianggap sebagai kombinasi tradisional PDA dan telepon seluler,
    dengan fokus yang lebih besar pada bagian telepon seluler. Perangkat genggam ini mengintegrasikan kemampuan ponsel dengan fitur yang lebih umum dari sebuah komputer genggam atau PDA. Smartphone memungkinkan pengguna untuk menyimpan informasi, e-mail, install program, bersamaan dengan menggunakan ponsel dalam satu perangkat. Sebuah fitur smartphone biasanya lebih berorientasi ke arah ponsel daripada PDA. Tidak ada standar industri untuk mendefinisikan sebuah smartphone, maka setiap perangkat mobile yang memiliki lebih dari kemampuan dasar sebenarnya dapat diajukan di bawah kategori perangkat smartphone.

Kurangnya standarisasi membuat kategori perangkat mobile membingungkan konsumen. Sebagai teknologi berubah, demikian juga fungsi-fungsi yang berbeda ini tampil perangkat. Tahun yang lalu, banyak orang membedakan PDA dan smartphone hanya dengan mencari kemampuan layar sentuh. Jika memiliki layar sentuh itu adalah sebuah PDA, jika tidak, itu adalah sebuah smartphone. Sony Ericsson Smartphone, misalnya, menawarkan pengguna baik layar sentuh dan keyboard QWERTY lengkap. Terlepas dari fakta bahwa pihak pembuat ponsel ini produk smartphone,
istilah generik untuk perangkat berorientasi PDA dengan kemampuan telepon seluler disebut sebagai PDA phone.

Fuzzy Lines Antara Smart Devices

Bahkan jika Anda dapat memutuskan sendiri apakah perangkat mobile hanyalah sebuah telepon selular, smartphone,
PDA atau PDA phone, garis-garis halus antara kedua jenis perangkat mobile sekitar untuk mendapatkan kabur lagi
ketika kita menambahkan istilah baru ke campuran seperti Pocket PC, dan Smartphone (dengan huruf kapital).

Jadi dimulai dengan perbedaan antara smartphone, seperti yang telah kita bahas di atas. Ketika dikapitalisasi,
mengacu pada platform Microsoft Smartphone, yang digunakan untuk berbagai perangkat mobile. Versi terbaru,
Windows Mobile 6 benar-benar menghapus kata Smartphone dari judulnya, dan seiring waktu ini akan membantu mengurangi kebingungan antara Smartphone. Menariknya,  salah satu dari tiga versi Windows Mobile 6 ini disebut Windows Mobile 6 Standar untuk smartphone disini “Untuk Smartphone” berarti “telepon tanpa touch screen”.

Pocket PC

  • Pocket PC itu sendiri bukanlah suatu kategori khusus perangkat mobile, melainkan nama yang diberikan untuk PDA yang menggunakan Microsoft Windows Mobile sistem operasi. Sama seperti kategori perangkat PDA, Pocket PC fitur terfokus pada tugas-tugas komputasi dan data dengan fitur-fitur lain, seperti kemampuan telepon seluler yang sekunder untuk fungsi PDA. Pocket PC adalah satu perangkat yang standar. Dalam rangka menggulirkan Pocket PC label perangkat harus memenuhi kriteria tertentu seperti penggunaan Microsoft Windows Mobile untuk Pocket PC, termasuk layar sentuh, termasuk touchpad, dan spesifikasi lainnya.

Koneksi IIX

Posted: April 12, 2010 in ..:: My Study ::..

Jalur Internet tanpa IIX

Jalur Internet dengan IIX

Apa itu IIX ?

  • Indonesia Internet Exchange (IIX) merupakan tempat terhubungnya berbagai ISP (Internet Service Provider), penyedia layanan internet di Indonesia, sebut saja 3G-Net, CBN, Indosat M2, Telkomnet Instant, dan lain-lain. Berdasarkan arti kata “Exchange” berarti pertukaran sedangkan “Internet” adalah kependekan dari Interconnection Networking. Dengan adanya IIX sambungan internet yang ada di Indonesia tidak harus berputar-putar melalui jalur yang ada di luar negeri dulu, baru kembali lagi ke Indonesia. Konsep penggabungan jalur berbagai ISP ke dalam suatu wadah dalam satu negara yang ada di Indonesia ini, merupakan yang pertama kali di dunia.

Pembentukan IIX

  • IIX dibentuk oleh APJII yang awalnya bersifat amal dan sukarela dengan maksud menyatukan lalu lintas antar ISP di Indonesia sehingga tidak perlu transit ke luar negeri. Tujuan IIX adalah membentuk jaringan interkoneksi nasional yang memiliki kemampuan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan yang ada, untuk digunakan oleh setiap ISP yang memiliki ijin beroperasi di Indonesia. ISP yang tersambung ke IIX tanpa biaya lebar pita, hanya biaya sambungan fisik sepeti serat optik, jalur nirkabel ataupun sewaan, yang berbeda-beda. Cukup murah bagi ISP yang berada di Jakarta tetapi mahal bagi ISP yang ada di luar Jakarta, apalagi di luar Jawa, karena biaya sambungan fisiknya saja jauh lebih mahal daripada sambungan internasional termasuk kapasitas lebar pita langsung melalui satelit ke luar negeri.

    IIX menjadi sebuah solusi atas keterbatasan infrastruktur isi dalam negeri yang seolah-olah terpisah dengan isi global. Dengan adanya IIX maka koneksi internet di Indonesia menjadi lebih murah. Indonesia Internet Exchange berkantor di Cyber Building 11th Floor, Jl. Kuningan Barat 8, Jakarta 12710

Apa tujuan didirikan IIX ?

  • Tujuan program IIX adalah membentuk jaringan interkoneksi nasional yang memilikai kemampuan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan yang ada, untuk digunakan oleh setiap Penyelenggara Jasa Internet yang memiliki ijin beroperasi di Indonesia.
    Pada saat ini program IIX tidak mempunyai tanggal berakhirnya program secara keseluruhan, melainkan dibagi atas tahapan-tahapan yang akan dikembangkan secara terus-menerus.

IIX lebih murah dari cost dan link lebih cepat karena tidak melewati hop terlallu banyak (tracert) dan bandwith jelas lebih besar dan lebih murah kalau kita taruh di luar negeri ga apa2 jika target client kita lebih banyak di luar bukan di indonesia tapi jika clients target dalam negeri jelas IIX pilihan terbaik dan tambahan untuk latency lebih kecil utk yg domestik, dan besar jika di taruh di luar jadi kesimpulan IIX lebih cepat hemat dan sekaligus nyumbang devisa dalam negeri dan lebih memperkaya alamat internet di indonesia.

Ibaratkan anda sekarang berada di Aceh. Lalu anda ingin menuju ke Jakarta. Ga harus transit dulu ke singapura kan? Selain faktor harga yang lebih murah, koneksi IIX ini juga bisa memperkaya konten internet di indonesia. Hal inipun bisa jadi pertimbangan anda dalam memilih hosting. Jika pengunjung situs anda kebanyakan dari dalam negri, ada baiknya anda memilih koneksi IIX ini meski konsekuensi yg diterima adalah kelambatan akses saat kita mengaksesnya dari luar negeri.